5 Kalimat Yang Harus Dihindari di Kantor

  • Whatsapp
Kalimat Yang Harus di hindari

Bekerja di sebuah perusahaan menuntut anda untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Salah satu kunci kerjasama yang baik ialah etika komunikasi kantor yang harus anda perhatikan. Dalam menjalin kerja sama antar karyawan maupun atasan anda harus berkomunikasi dengan baik.

Sebagai seorang pekerja anda harus mengetahui kalimat kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan di kantor. Kalimat kalimat tersebut akan menciptakan kesan tidak profesional pada diri anda. Tentunya jika hal ini terjadi akan mempengaruhi nasib pekerjaan anda di perusahaan.

Hindari Berbicara Kalimat Ini Di Kantor

Setiap karyawan ingin menunjukan sikap profesional dan bertanggung jawab atas pekerjaanya. Jika atasan anda merasa sikap dan perkataan anda tidak profesional, hal ini akan berbahaya bagi anda. Berikut adalah kalimat kalimat yang sebaiknya anda hindari untuk diucapkan di kantor.

1. Saya Tidak Bisa

Kalimat pertama yang harus anda hindari untuk diucapkan di kantor ialah “saya tidak bisa”.  Akan ada masanya rekan kerja maupun atasan meminta anda untuk melakukan suatu pekerjaan. Mereka terutama atasan anda tidak akan suka jika anda mengucapkan kalimat “tidak bisa”.

Karyawan yang sering mengucapkan kalimat ini akan mendapatkan kesan negatif. Anda akan dikira sebagai orang pemalas dan tidak mau melakukan hal baru dan malas belajar. Alih alih mengucapkan saya tidak bisa sebaiknya anda berkata akan berusaha dan meminta arahan dari rekan dan atasan anda.

2. Bukan Salah Saya

Anda harus mengetahui bagaimana tips komunikasi dengan atasan yang baik dan benar. Jika atasan anda menemukan suatu kesalahan dan memanggil anda, jangan pernah melempar kesalahan kepada orang lain.

Atasan akan menghargai jika anda bertanggung jawab dan mengatakan kesalahan anda. Jelaskan mengapa kesalahan tersebut bisa terjadi dan mintalah saran untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jika anda melemparkan kesalahan kepada rekan kerja tentu hubungan anda juga akan memburuk.

3. Ya Sudahlah

Kalimat ini mungkin terdengar biasa jika anda sedang berbincang dengan teman teman anda. Namun kalimat ini akan berbeda jika anda terapkan di kantor, orang orang akan menilai anda orang yang malas. Orang orang akan menilai anda tidak bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah dalam tim.

Hal ini akan menciptakan hambatan komunikasi dengan rekan kerja dan membuat anda kesulitan. Karyawan yang baik ialah karyawan yang memiliki sikap pantang menyerah dan berusaha menyelesaikan segala pekerjaan.

4. Ini Bukan Job Desc Saya

Memang setiap pekerjaan memiliki pembagian tugas masing masing, namun bukan tidak mungkin atasan anda menyuruh pekerjaan lain. Jika anda mengeluarkan kalimat “ini bukan jobdesk saya” bos akan menilai anda malas belajar.

Dibandingkan langsung menolak dan mengeluarkan kalimat tersebut, lebih baik anda diskusikan dengan atasan. Jelaskan bahwa anda tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan sarankan hal lain yang bisa anda lakukan untuk berkontribusi.

5. Mungkin Saja

Cara membangun komunikasi dengan rekan kerja selanjutnya adalah mengurangi kalimat “mungkin saja”. Meskipun kalimat ini terasa sederhana, namun akan menimbulkan persepsi yang berbeda.

Jika atasan maupun rekan kerja anda menanyakan suatu hal dan anda menjawab kalimat ragu ini, anda dianggap tidak memiliki konsisten. Anda akan dinilai sebagai seorang peragu dan tidak memiliki pendirian sendiri.

Menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan bisa diciptakan melalui etika komunikasi kantor yang baik. Dengan suasana kerja yang nyaman produktivitas anda di kantor akan lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *