Ini Waktu Berjemur yang Baik untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Waktu Berjemur yang Baik

Salah satu waktu berjemur yang baik untuk kesehatan adalah pagi hari. Ini adalah keyakinan yang banyak dipercaya orang selama ini.

Walaupun demikian, tak sedikit para ahli kesehatan yang merekomendasikan berjemur di bawah sinar matahari pada siang hari.

Tujuan utama kita berjemur tentu adalah untuk mendapatkan asupan vitamin D. Pastinya kita sudah tahu bahwa manusia tidak bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Apalagi kandungan vitamin D ini sangat terbatas dan hanya terdapat pada jenis makanan tertentu saja.

Waktu Berjemur yang Baik untuk Kesehatan

Selama ini banyak orang yang salah mengenai waktu berjemur yang baik untuk kesehatan. Kebanyakan dari kita berpendapat bahwa ketika matahari baru muncul atau jam 8 Pagi.

Padahal, sinar matahari yang direkomendasikan oleh para ahli adalah ketika jam 10 pagi hingga jam 2 sore.

Ini adalah waktu yang sangat pas untuk mendapatkan manfaat langsung dari sinar matahari serta mengurangi risiko bahaya terkena paparan sinar ultraviolet.

Oleh karena itu, diharapkan kepada Anda untuk menghindari berjemur ketika awal pagi hari atau sore menjelang malam.

Karena itu akan meningkatkan risiko terkena salah satu jenis kanker yang akan menyerang kulit kita.

Menurut dokter ahli gizi, Dr dr Tan Shot Yen M Hum, waktu berjemur yang baik juga harus disesuaikan dengan tujuan. Jika tujuannya untuk olahraga, maka yang paling bagus adalah di bawah jam 9 pagi.

Sedangkan jika tujuannya adalah untuk meningkatkan kadar vitamin D, memperkuat imunitas tubuh, maka waktu yang paling tepat adalah pukul 10.00 hingga 14.00.

Itupun tidak boleh lama-lama dalam berjemur, disarankan hanya 15 menit saja.

Berjemur yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kapan waktu berjemur yang baik untuk kesehatan, inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berjemur di bawah sinar matahari, antara lain:

1. Menurunkan Risiko Depresi

Vitamin D dalam tubuh diyakini berperan aktif dalam perkembangan dan fungsi otak. Jika kadar vitamin D dalam tubuh tinggi, maka risiko terkena depresi akan berkurang.

Sebaliknya, jika kadar vitamin D dalam diri manusia rendah, risiko terkena depresi serta gangguan saraf dan otak akan lebih meningkat.

Oleh karena itu, Vitamin D ini sangat penting sebagai salah satu nutrisi untuk mencegah depresi.

2. Memperkuat Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang paling dikenal adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Ya, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa vitamin D ini berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang akan memperkuat tulang.

Oleh karena itu, kita pastinya sering melihat anak bayi yang dijemur dibawah sinar matahari ketika pagi hari.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa vitamin D3 dari matahari berperan penting untuk kepadatan tulang. Dan vitamin ini akan larut dalam lemak selam proses pembuatan vitamin D.

3. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Salah satu metode alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit adalah dengan berjemur langsung dibawah sinar matahari.

Proses ini akan membantu penyembuhan penyakit kulit seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya.

tapi untuk mencegah risiko terpapar langsung radiasi ultraviolet alangkah baiknya Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Lari Pagi

Itulah sedikit informasi mengenai waktu berjemur yang baik untuk kesehatan beserta manfaat dari sinar matahari itu sendiri. Berjemurlah antara pukul 10.00 hingga 15.00 untuk meningkatkan kadar vitamin D. Jangan berjemur terlalu lama, sebaiknya hanya 15 menit saja setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *