Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

  • Whatsapp
Cara Membuat NPWP

Tribunkepo.com – NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah kartu identitas pajak yang biasanya dimiliki oleh orang yang telah memiliki penghasilan. Lalu bagaimana dengan orang yang belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan? Untuk membuatnya, Anda bisa menyimak cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja di bawah ini.

Cara Membuat NPWP untuk Yang Belum Memiliki Pekerjaan

Read More

Bagaimana cara membuat NPWP untuk yang sedang mencari pekerjaan atau belum kerja?  Anda bisa melakukan cara daftar online NPWP belum kerja atau secara offline. Namun sebelumnya, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan syarat yang harus diperlukan untuk mendaftar yaitu KTP. Setelah itu hal yang harus Anda lakukan yaitu

  1. Meminta Surat Keterangan Kelurahan

Apakah bisa membuat NPWP untuk melamar kerja? Jawabannya bisa. Namun terlebih dahulu Anda perlu membuat surat keterangan.

Yang harus Anda lakukan adalah meminta surat keterangan dari kelurahan. Karena Anda belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, disarankan ketika membuat surat keterangan dengan mengisi status pekerjaan sebagai pekerja lepas atau wiraswasta. Anda perlu mengisi status pekerjaan, karena jika tidak maka pengajuan Anda bisa saja ditolak.

  1. Melengkapi Data Pekerjaan

Selanjutnya, untuk cara membuat NPWP online maka Anda bisa membuat atau mendaftar akun di situs resmi Dirjen Pajak. Setelah Anda mengaktivasi akun, silahkan lengkapi formulir pendaftaran. Jika data yang sudah diisi lengkap dan benar, biasanya akan muncul keterangan terdaftar sementara.

Jika Anda akan melakukan pendaftaran secara offline, maka Anda bisa langsung mendatangi KPP atau Kartu Pelayanan Pajak terdekat untuk mendaftar dan mengisi formulir.

  1. Menunggu Aplikasi Permohonan

Jika Anda sudah melengkapi syarat dan mengisi formulir maka Anda tinggal menunggu aplikasi permohonan, apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak. Anda bisa mengeceknya pada email Anda mendaftar. Biasanya Anda juga bisa mengecek KPP mana yang akan mengeluarkan NPWP Anda nantinya.

Jika pengajuan Anda disetujui maka Anda akan mendapat notifikasi untuk proses selanjutnya, yaitu proses pencetakan kartu.

  1. Lapor Pajak

Setelah itu jangan lupa untuk melapor pajak. Meski Anda belum memiliki pekerjaan atau termasuk dalam kategori penghasilan tidak kena pajak, Anda tetap perlu untuk melakukan laporan penghasilan dengan menuliskan nihil agar wajib pajak bisa menetapkan status non efektif ke KPP.

Ketika statusnya menjadi non efektif, maka Anda tidak wajib untuk melapor SPT tahunan dan tidak didenda karena tidak menyampaikan SPT tahunan. Jika nanti Anda sudah mendapat pekerjaan atau status Anda sudah memasuki kategori Penghasilan Kena Pajak, maka Anda harus melapor untuk mengubah status non efektif menjadi efektif.

Manfaat Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Bagi Anda yang belum tahu fungsi membuat NPWP, NPWP memiliki beberapa kegunaan selain dalam hal membayar pajak. Walaupun diwajibkan dimiliki oleh orang yang sudah memiliki pekerjaan, orang yang belum bekerja bisa membuat dan menggunakan kartu tersebut untuk beberapa manfaat terlebih yang sedang mencari pekerjaan.

Beberapa kegunaan NPWP salah satunya yaitu untuk mengajukan kredit. Jika Anda akan melakukan kredit di bank, maka salah satu syarat yang harus dibawa adalah NPWP. Bank akan menolak pengajuan kredit bagi orang yang tidak memiliki NPWP. Dalam melamar pekerjaan pun beberapa instansi atau pemberi pekerjaan biasanya menjadikan NPWP sebagai salah satu syarat melamar.

Cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja di atas bisa Anda jadikan panduan untuk mendaftar NPWP, Anda juga bisa mengunjungi situs Dirjen Pajak untuk melihat panduan pendaftaran. Anda bisa segera mengumpulkan syarat pendaftaran dan segera mendaftar baik secara online atau offline. Akan lebih mudah jika Anda melakukan pendaftaran secara online supaya tidak antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *