Cara Mengatur Waktu Agar Lebih Produktif Bekerja

  • Whatsapp
Cara Mengatur Waktu

Apapun pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini, pasti membutuhkan waktu yang cukup untuk menyelesaikannya. Pada masa-masa tertentu, Anda mungkin akan memiliki banyak sekali tugas sehingga merasa waktu 24 jam tak pernah cukup. Sebenarnya, bagaimana cara mengatur waktu agar bisa lebih produktif saat bekerja?

Beberapa orang menyarankan Anda untuk tidak beristirahat sebelum semua pekerjaan selesai atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Namun ternyata, tidak semua orang mendapat manfaat dari cara ini. Untuk itu, simaklah beberapa cara jitu mengatur waktu berikut ini.

Read More

1.   Buat Daftar Prioritas

Kesuksesan sangat erat dengan kemampuan seseorang membuat manajemen waktu yang baik untuk dirinya. Namun ini tidak bisa dilakukan secara instan. Anda perlu membaca tips sukses orang lain dan menerapkan contoh manajemen waktu sehari-hari dari mereka untuk diri sendiri.

Salah satu tips yang perlu dikerjakan lebih dulu dalam pengaturan waktu adalah membuat daftar prioritas. Buat daftar pekerjaan yang perlu Anda selesaikan dalam periode waktu tertentu, lalu mulai beri tanda khusus pada hal-hal yang penting dan mendesak. Pastikan melakukan hal-hal tersebut dulu, sebelum beralih pada pekerjaan yang tingkat kepentingannya lebih rendah.

2.   Tentukan Target dan Tenggat Waktu

Sebelum memulai setiap pekerjaan, buatlah target dan tenggat waktunya. Apa saja target pencapaian Anda terhadap pekerjaan tersebut? Berapa lama waktu maksimal yang Anda tentukan untuk pekerjaan itu?

Pastikan target dan tenggat yang ditentukan cukup rasional. Kalau tenggat mustahil tercapai, Anda akan lelah dan kecewa karena sering gagal tepat waktu. Jika sudah membuatnya, berusahalah untuk selalu menepati dan bersikap disiplin pada rencana Anda sendiri.

3.   Fokus Saat Mulai Bekerja

Saat memulai pekerjaan dan sebelum tugas tersebut selesai, tetaplah fokus. Contohnya, saat Anda sedang mengerjakan tugas menggambar desain misalnya, jauhkan diri dari smartphone. Saat mengerjakan hal yang berkaitan dengan internet, misalnya melakukan studi literatur untuk sebuah penelitian, jangan tergoda untuk membuka situs lain seperti sosial media.

4.   Belajarlah Mengatakan ‘Tidak’

Setelah membuat daftar prioritas dan belajar disiplin untuk menyelesaikannya satu per satu, maka selanjutnya belajarlah mengatakan tidak pada hal-hal yang kurang penting. Hal-hal yang bersifat hiburan, perlu Anda berikan waktu khusus setelah pekerjaan Anda selesai. Terhadap pekerjaan yang masih bisa ditunda, katakana tidak terlebih dahulu hingga Anda punya waktu.

5.   Melatih Diri Untuk Mendelegasikan Tugas

Salah satu manfaat manajemen waktu yang akan dirasakan adalah munculnya kesadaran bahwa meskipun mampu, Anda tidak harus menyelesaikan semua pekerjaan sendirian. Jika memang ada pekerjaan yang bisa diwakilkan oleh orang lain, maka delegasikanlah. Dengan demikian, Anda punya waktu untuk mengerjakan hal-hal yang lebih krusial.

6.   Jangan Biasakan Multitasking

Jika tidak sangat terpaksa, jangan lakukan multitasking. Melakukan dua, tiga, atau bahkan beberapa hal dalam satu waktu mungkin terdengar keren, tapi sebenarnya ini hanya akan mengurangi fokus. Pekerjaan utama akan lebih sulit selesai pada waktunya, karena otak dipaksa untuk bekerja lebih keras.

Itulah beberapa tips tentang pengaturan waktu. Dalam teori tentang pentingnya manajemen waktu, dipercaya bahwa tanpa mengatur waktu dengan efisien, seseorang akan selalu mengalami kerugian. Lama kelamaan, ini akan menumpuk dan menjadikannya semakin tidak produktif.

Jika Anda ingin sukses dalam pekerjaan atau dalam kehidupan, belajarlah untuk terus menerapkan berbagai cara mengatur waktu di atas. Waktu Anda begitu berharga, maka jangan menyia-nyiakannya untuk pekerjaan yang tidak penting. Semoga sukses, dan selamat merencanakan penggunaan waktu dengan baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *