Cara Mengunci Aplikasi di Android

  • Whatsapp
cara mengunci aplikasi

Ada dua cara mengunci aplikasi di Android, yaitu dengan menggunakan fitur bawaan perangkat serta memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Playstore. Dengan melakukan penguncian, maka sebuah aplikasi hanya bisa diakses jika kunci tersebut dibuka.

Melakukan pengamanan terhadap suatu aplikasi tertentu menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, adanya resiko malware atau spyware yang bisa kapan saja menginfeksi perangkat Anda hingga mencegah tindakan iseng, seperti misalnya membajak sosial media atau melindungi privasi.

Mengapa Aplikasi Harus Dikunci?

1. Faktor Keamanan

Perkembangan teknologi juga memiliki efek negatif, dengan semakin beragamnya modus penyebaran Malware dan Spyware yang bisa menjerat pengguna. Terkadang perangkat yang terinfeksi oleh dua jenis aplikasi berbahaya ini akan berjalan tidak optimal.

Khusus untuk Spyware, perangkat yang terinfeksi bisa membuat layar sentuh pada ponsel bergerak sendiri, seperti gangguan Ghost Touch. Bukan tidak mungkin spyware tersebut mengakses aplikasi dan data pribadi Anda. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda mengunci aplikasi penting pada ponsel.

2. Faktor Privasi

Hal privat yang tersimpan dalam ponsel seperti file foto/video, sosial media, hingga aplikasi perpesanan instan seringkali menjadi sasaran untuk diakses kerabat atau teman untuk dibajak dengan tujuan sebagai bahan lelucon.

Padahal setiap individu pada dasarnya memiliki standar privasi yang berbeda, sehingga ada yang tidak nyaman apabila hal privat pada perangkat dikonsumsi orang lain. Hal ini membuat tindakan penguncian aplikasi menjadi sesuatu yang penting.

Cara Mengunci Aplikasi dengan dan Tanpa Aplikasi

Pada tutorial ini akan ada dua bagian yaitu pertama adalah langkah mengunci sebuah aplikasi dengan memanfaatkan fitur bawaan dari perangkat Android Anda. Kedua adalah tips mengunci aplikasi menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang ada di Playstore.

1. Tanpa Aplikasi

Setiap smartphone sebenarnya sudah memiliki sebuah fitur bawaan khusus untuk mengunci aplikasi. Bagi Anda yang belum mengetahui cara lock aplikasi dengan fitur bawaan perangkat seluler silahkan membaca langkah-langkah ini:

  • Buka menu pengaturan
  • Scroll hingga ke opsi yang paling terakhir yaitu pengaturan tambahan
  • Tap pada opsi privasi
  • Pada menu privasi ketuk lock individual apps
  • Masukan sandi atau pola gambar sebagai pengunci aplikasi yang akan Anda kunci
  • Pilih Aplikasi yang akan Anda kunci
  • Simpan pengaturan

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi

Jika Anda merasa lebih nyaman menggunakan third party application untuk mengunci sebuah aplikasi, maka bisa langsung untuk menuju ke Playstore dan mencari aplikasi pengunci yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pada tutorial ini akan menjelaskan langkah-langkah mengunci aplikasi menggunakan salah satu third party application yaitu Appslock.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Appslock melalui Playstore.
  • Proses instalasi akan berjalan secara otomatis dan tunggu hingga proses selesai
  • Setelah proses instalasi selesai buka aplikasi tersebut, dan akan ada instruksi untuk membuat sebuah pola atau sandi
  • Buat sandi atau pola dan pastikan Anda mengingatnya dengan baik. Bila perangkat mendukung penguncian akan dilakukan melalui fingerprint atau sidik jari.
  • Step selanjutnya Anda akan diinstruksikan untuk memasukan email sebagai opsi recovery bila lupa pola atau sandi yang telah dibuat sebelumnya
  • Setelah verifikasi email berhasil akan ada pilihan aplikasi apa saja yang ingin Anda kunci. Anda bisa langsung memilihnya.
  • Jika ada logo gembok dengan warna hijau artinya aplikasi yang Anda pilih sudah sukses terkunci.

Faktor keamanan dan privasi adalah alasan utama mengapa melakukan penguncian aplikasi menjadi hal penting pada era digital. Cara mengunci aplikasi sendiri ada dua cara yakni melalui fitur bawaan perangkat dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Keduanya bisa Anda pilih sesuai pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *