4 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Harus Anda Waspadai

  • Whatsapp
Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 ditandai dengan naiknya kadar gula darah lantaran hormon insulin tidak dapat digunakan dengan benar. Gejala diabetes tipe 2 berbeda dengan gejala diabetes tipe 1.

Artikel ini akan mengedukasi seputar gejala, penyebab dan pengobatan diabetes tipe 2. Sehingga sangat diharapkan Anda segera melakukan pengobatan jika merasakan gejala-gejalanya.

Read More

Gejala Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti hipertensi, obesitas, gangguan jantung, stress dan kurang olahraga. Selain itu, kebiasaan merokok, kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Diabetes Type 2

Gejala-gejala awal yang sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2 biasanya adalah:

1. Merasa sering haus

Kondisi ini disebabkan karena gula menumpuk berlebihan di dalam darah sehingga ginjal akan kesulitan membuangnya. Sehingga finalnya, akan banyak cairan yang diambil sehingga menyebabkan dehidrasi dan kehausan.

Karena ginjal yang terlalu diforsir dalam membuang gula darah, menyebabkan Anda akan sering buang air kecil. Intensitas buang air kecil ini biasanya akan meningkat saat malam hari.

2. Mudah lelah

Sama halnya dengan gejala diabetes tipe satu, Anda juga akan merasa cepat lelah walau tidak bekerja berat. Ini disebabkan oleh tubuh tidak dapat menggunakan energi dari apa yang Anda makan.

Sehingga puncaknya Anda akan merasa lemas, letih dan lelah meski merasa sudah cukup istirahat. Selain itu, tubuh juga akan banyak kehilangan cairan hingga dehidrasi.

3. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan

Tanda-tanda penyakit diabetes tipe 2 dapat dilihat penurunan berat badan yang signifikan. Ini disebabkan karena banyaknya kalori yang terbuang lewat seringnya Anda buang air kecil.

Selain itu, sering lapar juga merupakan gejala yang juga dapat dirasakan oleh penderita diabetes tipe 2. Kondisi ini disebabkan oleh gula yang tidak mampu diserap dengan baik oleh tubuh sehingga Anda menjadi mudah lapar.

4. Pandangan kabur

Penyebab pandangan mata kabur biasanya tak hanya terjadi karena mata minus saja. Keadaan ini dapat terjadi ketika gula darah sedang naik sehingga lensa mata mengalami pembengkakan.

Tak hanya itu, naiknya kadar gula dalam darah juga dapat membuat Anda sering sakit kepala hingga hilang kesadaran. Ada juga beberapa orang yang kerap mengalami masalah pada gusi, mulut kering hingga luka yang susah sembuh.

Secara keseluruhan, gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 memang sedikit memiliki kemiripan. Akan tetapi, gejala diabetes tipe 2 terbilang lambat dan tidak menjurus ke komplikasi.

Pengobatan diabetes tipe 2 ini cenderung lebih ringan dibandingkan dengan diabetes tipe 1. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat, melakukan diet dan olahraga.

Selain itu, juga akan diberikan jenis obat diabetes tipe 2 seperti sulfonilurea, metformin, thiazolidinediones dan terapi insulin.

Itulah ulasan seputar gejala diabetes tipe 2, penyebab dan pengobatannya. Jika Anda merasakan beberapa gejala seperti yang disebutkan diatas, segera lakukan pengecekan kadar gula darah agar dapat ditangani dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *