Kesehatan Menurut WHO: Pengertian dan Aspek-Aspeknya

  • Whatsapp
Kesehatan Menurut WHO

Selain para pakar, badan kesehatan dunia (WHO) juga ikut andil dalam mendeskripsikan arti kesehatan. Kesehatan menurut WHO dibagi menjadi dua pengertian yaitu di tahun 1948 dan pada tahun 1986.

Untuk lebih jelasnya seputar deskripsi kesehatan menurut WHO, silakan baca penjelasan lengkapnya dibawah ini:

Read More

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

World Health Organization (WHO) adalah sebuah organisasi dunia yang bergerak dalam bidang kesehatan. Lembaga inni secara resmi berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Untuk arti kesehatan menurut kacamata WHO di tahun 1948 adalah sebuah kondisi fisik, mental serta sosial kesejahteraan dan bukan hanya tidak ada penyakit atau juga kelemahan.

WHO di dalam piagam Ottawa 1986 kembali mendefinisikan bahwa kesehatan adalah sebuah sumber daya untuk kehidupan sehari-hari. Dan bukan tujuan dari sebuah hidup.

Kesehatan juga diartikan sebagaiĀ  sebuah konsep (positif) yang menekan pada masalah sumber daya, kemampuan fisik dan juga sosial.

Aspek-aspek Kesehatan Menurut WHO

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

Setelah mengetahui tentang pengertian tentang kesehatan menurut WHO, selanjutnya mari beralih ke pembahasan seputar aspek-aspek kesehatan menurut WHO yang meliputi:

1. Kesehatan fisik

Dikatakan sebagai kesehatan fisik apabila Anda atau seseorang yang tanpa keluhan atau tidak sedang merasa sakit. Semua organ di dalam tubuh juga berfungsi sangat normal tanpa adanya gangguan apapun.

2. Kesehatan mental

Kesehatan mental atau jiwa terbagi ke dalam tiga komponen yaitu spiritual, pikiran dan emosional.

Spiritual yang dikategorikan sehat dicerminkan dari sikap seseorang di dalam mengekspresikan sebuah keadaan. Baik itu pujian, rasa syukur dan kepercayaan antar sesama manusia hingga kepada Tuhan YME.

Sedangkan pikiran yang dalam keadaan sehat ditandai dengan jalan pikiran atau bagaimana seseorang tersebut berpikir.

Yang terakhir adalah emosional dikatakan sehat jikalau seseorang dapat mengekspresikan emosi yang ada di dalam dirinya. Baik itu bahagia, sedih, takut atau khawatir.

3. Kesehatan sosial

Ketiga ada kesehatan sosial dimana ini akan terwujud kalau seseorang dapat menjalin hubungan baik dengan kelompok lain. Hubungan baik diartikan ia tidak membedakan suku, ras, agama, status sosial, politik, ekonomi dsb.

4. Kesehatan ekonomi

Terakhir adalah kesehatan ekonomi yang mana ia ditandai dengan keadaan seseorang (dewasa) yang telah menghasilkan sesuatu. Dimana sesuatu tersebut (finansial) telah dapat digunakan untuk menghidupi dirinya atau keluarga.

Terlepas dari pengertian menurut WHO, kesehatan diartikan sebagai kondisi atau kesejahteraan fisik, mental, sosial yang lengkap. Lengkap dalam artian tidak sedang dalam keadaan sakit.

Faktor sosial sangat mempengaruhi pada sebuah kondisi kesehatan seperti sosial, kesehatan, perilaku, lingkungan fisik dan genetik serta biologi.

Pengertian tentang kesehatan kini juga telah beralih atau bergeser dengan semakin canggihnya kemajuan teknologi. Sehingga kini seseorang dapat dengan mudah mencari pengertian dan perbedaan aktif di dalam kampanye kesehatan.

Demikian informasi seputar pengertian kesehatan menurut WHO serta tambahan berupa aspek-aspek kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *