Kadar Kolesterol Normal Berapa? Ini Jawabannya!

  • Whatsapp
Kolesterol Normal Berapa

Apakah Anda termasuk orang yang rutin melakukan cek kolesterol? Sebenarnya kolesterol normal berapa untuk bisa dikatakan aman dari resiko terserang penyakit berbahaya?

Untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang kadar kolesterol yang normal itu berapa, selamat karena Anda ada keadaan yang tepat. Karena semua akan dibahas secara lengkap lewat artikel di bawah ini.

Read More

Kadar Kolesterol Normal Berapa untuk Orang Dewasa

Menurut jenisnya, kolesterol dibagi menjadi dua macam yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik berguna untuk mencegah penyempitan pembuluh darah (ateroma) yang disebabkan oleh lemak.

Sedangkan kolesterol jahat adalah salah satu pemicu penyebab dari ateroma atau penyempitan pembuluh darah. Ateroma inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit jantung atau pembekuan pembuluh darah.

Untuk lebih jelasnya, berikut kadar kolesterol orang dewasa yang bisa dikatakan berada pada angka normal:

Kolesterol Normal Orang Dewasa

1. Kolesterol baik

HDL atau yang disebut dengan kolesterol baik sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh Anda. Normalnya, kadar HDL harus berada pada angka 60 mg/dL atau bisa lebih.

Jika kadar HDL Anda berada di atas 60 mg/dL, maka sangat minim untuk terserang penyakit jantung. Namun jika di bawahnya justru akan meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

2. Kolesterol jahat

LDL atau yang disebut dengan kolesterol jahat adalah pemicu terjadinya serangan jantung. Untuk itu, kadarnya haru berada di bawah 100  hingga 129 mg/dL.

Untuk kadar kolesterol yang mencapai 130 hingga 159 mg/dL, maka bisa dikategorikan berada pada level tinggi. Sedangkan jika sudah mencapai angka 190 mg/dL ini harus segera diwaspadai.

Setelah diketahui tentang kadar dari HDL atau LDL, maka akan disimpulkan kembali menjadi kolesterol total. Kolesterol total ini gabungan antara HDL, LDL dan trigliserida.

Sebenarnya, kadar kolesterol Anda dapat dilihat hanya dengan melihat kadar HDL dan kadar kolesterol total. Akan tetapi jika kadar kolesterol totalnya lebih dari 200 mg/dL maka perlu dilakukan cek pemeriksaan kolesterol.

Sedangkan jika jumlah kolesterol total Anda masih berada di bawah 200 mg/dl, ini masih dapat ditoleransi. Namun jika kolesterol mencapai 400 mg/dL berarti angka kolesterol Anda naik tinggi.

Pentingnya Menjaga Kadar Kolesterol

Kolesterol sebenarnya bukan jenis penyakit, melainkan senyawa berupa lemak yang berasal dari olahan beragam sel dari dalam tubuh. Dan sebanyak seperempat kolesterol rupanya diproduksi oleh sel-sel pada organ hati.

Fungsi dari kolesterol sejatinya adalah membuat tubuh Anda sehat. Akan tetapi jika kolesterol angkanya melonjak tinggi ini akan beresiko menyebabkan penyakit jantung, masalah pada sirkulasi darah hingga stroke.

Untuk itu, mulailah mengurangi mengkonsumsi makanan tidak sehat yang banyak mengandung lemak trans. Ini dapat Anda temui pada makanan ringan, junk food hingga goreng-gorengan.

Agar kolesterol normal, konsumsilah makanan sehat seperti oatmeal, kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun. Jangan lupa juga untuk selalu diimbangi dengan olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Terakhir, lakukan cek secara berkala untuk mengetahui kadar kolesterol normal berapa yang Anda miliki saat ini. Dengan rutin melakukan cek kolesterol Anda dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *