6 Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang (100% Ampuh)

  • Whatsapp
kursor laptop hilang

Kursor laptop hilang adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna segala merk laptop dan jenis Windows. Situasi ini biasanya terjadi ketika perangkat baru dinyalakan dan di restart atau ketika sedang hang (macet).

Kursor laptop terlihat sebagai sebuah fungsi yang sepele, tetapi jika terjadi gangguan dan hilang maka perangkat desktop menjadi tidak fungsional. Pasalnya, laptop tidak bisa digunakan untuk melakukan aktivitas apapun.

6 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Hilang

Kursor laptop sering hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal dan kebanyakan terjadi karena gangguan driver pada perangkat hardware, terutama mouse dan touchpad. Penyebab lain bisa berasal dari software, misalnya Windows yang digunakan sedang macet.

Melakukan identifikasi penyebab masalah hilangnya kursor pada laptop sangat penting dilakukan, karena cara mengatasinya juga tergantung dari faktor yang menyebabkan permasalahan ini muncul.

Berikut macam-macam solusi ketika kursor laptop atau PC hilang atau tidak bisa digerakan (macet):

1. Restart Komputer

Cara pertama ini bisa dilakukan apabila hilangnya kursor karena sistem Windows mengalami hang atau crash. Dengan demikian, maka solusinya adalah dengan melakukan restart pada laptop.

Anda bisa melakukan restart dengan menekan tombol power atau jika tidak memungkinkan bisa dengan fungsi Alt + F4.

2. Buka Kunci Touchpad

Laptop keluaran versi terbaru biasanya memiliki fitur mengunci touchpad, sehingga terkadang membuat kursor menjadi hilang atau tidak bisa digerakan.

Fitur ini biasanya secara tidak sengaja tertekan dan membuat kursor menjadi hilang atau macet. Solusinya adalah menonaktifkan kunci pada touchpad.

Fitur penguncian touchpad dapat dinonaktifkan dengan menekan salah satu tombol antara F1 hingga F 6 yang bergambar keyboard + Shift.

3. Gunakan Mouse USB

Jika cara nomor satu dan dua tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan hilangnya kursor pada laptop Anda disebabkan oleh permasalahan Hardware seperti Touchpad yang rusak.

Solusinya Anda bisa beralih mencoba menggunakan mouse USB dan pastikan juga sudah terupdate dengan driver versi terbaru.

4. Update Driver pada Mouse dan Touchpad

Beberapa hardware pada laptop seperti touchpad membutuhkan update driver secara rutin agar tidak corrupt. Hal ini harus dilakukan secara manual dengan mendownload versi terbaru driver tersebut.

Tata cara mendownload bisa dengan mengunjungi situs resmi dari merk laptop yang Anda gunakan dan pilih halaman khusus untuk update driver pada touchpad.

5. Install Ulang Laptop

Jika masih belum ada perkembangan, melakukan install ulang bisa dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar semua sistem kembali pada versi default, termasuk settingan dari touchpad untuk menggerakan kursor.

Biasanya ketika proses install ulang sedang berlangsung, kursor akan kembali muncul dan dapat digerakan kembali melalui touchpad. Opsi ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan install ulang. Jika dirasa terlalu lama, maka Anda bisa melewati alternatif solusi ini.

6. Melakukan Service

Melakukan service adalah opsi terakhir karena hampir dipastikan ada kerusakan pada perangkat touchpad yang Anda gunakan. Kebanyakan kerusakan pada touchpad terjadi pada laptop yang sudah digunakan dalam jangka waktu sangat lama dan sering mengalami overheat.

Biaya untuk servis touchpad sendiri sangat bervariasi tergantung jenis kerusakan dan tipe laptop. Namun biasanya berkisar antara Rp 200 hingga Rp 500 ribu.

Kursor laptop hilang atau tidak bisa digerakan merupakan masalah yang bisa membuat perangkat menjadi tidak berfungsi sama sekali. Tidak perlu terburu-buru melakukan service karena ada beberapa solusi mungkin bisa Anda coba agar kursor kembali berfungsi. Namun jika tetap tidak membuahkan hasil, melakukan service menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *