5 Macam-Macam Promosi Usaha dan Fungsinya

Saat Anda ingin memulai atau sudah memiliki bisnis, promosi merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Promosi bertujuan untuk mengenalkan dan menawarkan produk kepada pelanggan dan calon pelanggan. Ada berbagai macam-macam promosi usaha yang banyak pebisnis.

Dengan dilakukannya promosi, para pebisnis berharap bahwa kesadaran pelanggan dan calon pelanggan terhadap produknya lebih tinggi, lebih banyak orang yang mengenal produk mereka, juga tentu saja meningkatnya penjualan.

Read More

Apa Fungsi dari Melakukan Promosi Usaha ?

Sebelumnya kami sudah menyinggung terkait dengan tujuan dari dilakukannya promosi yang tentu saja berkaitan dengan fungsi dari promosi itu sendiri. Adapun fungsi dari promosi adalah:

1. Pengenalan

Promosi memiliki fungsi pengenalan, dimana promosi bertujuan untuk mengenalkan produk kepada pasar sehingga dapat diketahui oleh masyarakat secara luas. Biasanya informasi yang disampaikan melalui promosi adalah merek, harga dan juga keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

2. Penawaran

Saat Anda melakukan promosi, Anda juga memberikan penawaran kepada pelanggan dan calon pelanggan sebagai pendukung mengambil keputusan. Misalnya, ada diskon sebesar 20% untuk 20 pembeli pertama atau juga gratis souvenir untuk 50 pembelian pertama.

3. Penjagaan dan Perbaikan Terhadap Konsumen

Yang dimaksud dengan fungsi ini adalah untuk menjaga dan juga memperbaiki hubungan di antara perusahaan Anda dengan konsumen. Misalnya, Anda menjaga hubungan dengan memberikan diskon untuk konsumen yang memiliki member card.

Contoh lainnya yaitu Anda melakukan ganti rugi berupa pengiriman barang kembali saat konsumen mendapatkan barang reject atau barang tidak layak jual.

5 Jenis/Macam-Macam Promosi Usaha?

Bagi Anda yang merupakan seorang pengusaha pasti tidak lagi asing dengan promosi. Bahkan untuk Anda yang tidak terjun ke dunia bisnis pun pasti sering bersinggungan dengan promosi misalnya papan reklame, media cetak, atau juga yang baru-baru ini sedang naik daun yaitu endorsement.

Berikut sudah kami rangkum macam-macam promosi usaha, di antaranya yaitu:

1. Personal Selling

Bentuk promosi ini dilakukan dengan menggunakan presentasi lisan secara langsung dengan calon pelanggan. Biasanya personal selling memiliki tujuan untuk dapat menjual produk sekaligus membina hubungan yang baik dengan pelanggan.

2. Advertising

Banyak perusahaan yang menggunakan jenis promosi ini karena menciptakan kesadaran akan produk dengan cakupan yang lebih luas. Biasanya iklan merupakan promosi yang berbayar dan juga menggunakan media.

Kelebihan advertising atau periklanan terletak pada cakupan target promosinya karena bisa dilakukan melalui televisi, radio, internet atau juga media sosial secara masif dan juga persuasif.

3. Publishing

Dengan melakukan publisitas atau publishing, Anda dapat menciptakan citra perusahaan yang baik sehingga dapat menangkal isu yang akan merugikan perusahaan di kemudian hari. Anda dapat melakukan publisitas dengan melakukan pembinaan hubungan dengan masyarakat.

4. Sales Promotion

Jika ingin meningkatkan jumlah pembelian dalam waktu yang singkat, Anda dapat menggunakan metode promosi yang satu ini. Sales promotion merupakan sebuah insentif jangka pendek yang akan mendorong pembelian produk Anda.

Contoh sales promotion yang dapat Anda lakukan misalnya adalah memberikan kupon atau voucher, mengadakan diskon, memberikan hadiah setiap pembelian dengan jumlah tertentu, atau juga membuat perlombaan yang memiliki tema berkaitan dengan produk yang Anda jual.

5. Direct Marketing

Seperti namanya, metode ini menggunakan komunikasi secara langsung antara pelanggan dengan perusahaan. Contohnya adalah telemarketing, teleshopping, atau broadcast media sosial.

Promosi tentu saja memiliki dampak yang baik terhadap bisnis Anda. Anda tinggal memilih jenis promosi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta karakteristik produk Anda.