6 Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada awal kehamilan dibutuhkan banyak nutrisi agar tubuh ibu dan janin tetap sehat. Meskipun ogah-ogahan dan sering alami morning sickness Anda tetap harus memenuhi nutrisi yang bisa didapat dari makanan untuk ibu hamil.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari referensi tentang jenis makanan sehat untuk ibu hamil, silakan scroll artikel ini ke bawah ya.

Read More

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan ini tak hanya bisa Anda konsumsi saat hamil mudah saja namun juga saat menginjak usia kandungan selanjutnya. Untuk daftar makanan ibu hamil muda yang dapat Anda konsumsi adalah:

1. Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, omega-3 bagi bagi ibu hamil juga sangat berpengaruh untuk kesehatan dan pertumbuhan otak janin.

Mengkonsumsi ikan salmon juga dapat mencegah bayi lahir prematur dan meminimalisir terjadinya alergi pada bayi. Namun porisnya harus disesuaikan karena jika terlalu banyak justru akan membahayakan untuk ibu dan bayi.

2. Daging

Selain ikan, daging juga sangat disarankan untuk dikonsumsi selama masa hamil trimester pertama. Didalam daging terkandung zat besi, zinc dan vitamin B yang berguna untuk ibu dan janin.

Zat besi dalam daging dapat dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga risiko terkena anemia lebih kecil. Sedangkan zat besi, vit B dan zinc dapat membantu pertumbuhan sel darah merah dan sistem saraf.

3. Aneka jenis sayuran hijau

Pada usia kandungan yang baru menginjak trimester pertama, ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi. Asupan nutrisi ini bisa didapat dengan banyak mengkonsumsi banyak sayuran hijau.

Sayuran hijau tak hanya kaya akan nutrisi namun juga dapat menjaga kekebalan tubuh. Kandungan vitamin, kalium dan zat besinya sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan membantu memenuhi nutrisi pada janin.

Anda dapat mengolah sayuran menjadi berbagai jenis menu seperti ditumis, dikukus atau dibuat salad. Jenis sayurannya bisa berupa brokoli, kangkung dan juga bayam.

4. Kacang-kacangan

Makanan untuk ibu hamil 1 bulan selanjutnya adalah kacang-kacangan yang tinggi asam folat, kalsium dan protein. Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai dan polong juga sangat bermanfaat untuk kesehatan janin.

Pada kesehatan janin, kacang-kacangan terbukti dapat mengurangi bayi terlahir cacat. Apalagi jika diselingi dengan kacang almond atau kacang mede sebagai camilan rutin setiap hari.

5. Buah-buahan

Saat hamil muda buah-buahan menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi ibu hamil. Karena di dalam buah kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk ibu dan janin.

Buah-buahan juga sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kesehatan dan kembang janin. Pada si ibu buah-buahan berguna untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tetap sehat.

Untuk jenis buah yang dikonsumsi ibu hamil muda boleh bermacam-macam jenis. Namun yang paling direkomendasikan adalah buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C pada buah jeruk membantu menjaga metabolisme selama hamil. Sedangkan asam folatnya dapat mengurangi risiko bayi cacat ketika dilahirkan.

6. Telur

Selain kelima makanan sehat untuk ibu hamil diatas, masih ada makanan lain seperti telur. Telur sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan protein pada ibu hamil.

Telur juga mempunyai kandungan kolin yang mana fungsinya adalah untuk kesehatan otak dan tumbuh kembang janin.

Di awal kehamilan, makanan diatas mungkin sangat sulit untuk diterima lambung. Namun demi kesehatan Anda dan buah hati seberat apapun tetap harus dipenuhi setiap harinya.

Selain memperhatikan makanan untuk ibu hamil, jangan lupa juga mengimbangi dengan olahraga. Tujuannya agar tubuh lebih sehat mulai dari awal hingga akhir kehamilan.