5 Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 

  • Whatsapp
Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, Ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Tak hanya membahayakan untuk ibu, beberapa makanan ini juga membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran.

Artikel ini akan membahas seputar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Jadi diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan selama jalani proses kehamilan.

Read More

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa makanan pantangan  yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil:

1. Buah Pepaya

Siapa sangka buah pepaya merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Ini dikarenakan pepaya dapat menaikkan suhu tubuh setelah Anda mengkonsumsinya.

Tak hanya itu, pepaya juga mengandung banyak lateks yang mana dapat menyebabkan kontraksi rahim hingga keguguran. Mengkonsumsi buah pepaya saat hamil juga dapat mengakibatkan pertumbuhan janin terhambat.

2. Buah Nanas

Nanas adalah buah yang dilarang untuk untuk ibu hamil terutama yang menginjak trimester pertama. Karena di dalam buah nanas ada kandungan bromelain yang dapat menyebabkan keguguran.

Namun ini semua tergantung pada porsi Anda ketika makan buah nanas. Jika hanya 1 buah dalam sehari itu masih aman. Namun jika lebih dari 8 buah dalam sehari itu baru membahayakan.

3. Telur Mentah

Selain nanas, ada telur mentah yang juga tidak boleh dimakan untuk Anda yang sedang hamil. Karena hal ini dapat menyebabkan Anda terkontaminasi bakteri Salmonella.

Salmonella sendiri sangat membahayakan bagi keadaan ibu dan bayi serta dapat menyebabkan kram rahim. Selain itu, Salmonella juga menyebabkan ibu  melahirkan bayi prematur hingga bayi meninggal dalam kandungan.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi telur mentah ketika sedang mengandung. Anda dapat mengolah telur mentah menjadi hidangan bergizi seperti orak-arik, telur rebus atau juga hidangan lainnya.

4. Kecambah Mentah

Kecambah mentah rupanya juga merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Ini karena kecambah mentah berpotensi menyebabkan ibu hamil terkontaminasi Salmonella.

Sama halnya seperti telur, sebaiknya masak kecambah terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsinya. Untuk jenis kecambah yang tidak disarankan dikonsumsi mentah adalah lobak, alfalfa dan semanggi.

5. Jeroan

Jeroan sebenarnya adalah makanan yang kaya akan sumber nutrisi dan vitamin. Namun semua kenangan ini justru akan membahayakn ibu dan janin jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Jeroan juga menyimpan kandungan vitamin A yang juga tidak baik untuk kehamilan jika porsi konsumsinya terlalu berlebih. Jika terlalu berlebihan, dampaknya akan terjadi kelainan bayi hingga masalah keguguran.

Apakah ada dari kelima makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang menjadi makanan favorit Anda? Jika iya, mulai kurangi atau bahkan hindari dari sekarang ya. Demi kesehatan Anda dan tentunya juga untuk janin dalam kandungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *