5 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Dewasa ini banyak pakar yang mulai meneliti seputar manfaat jahe merah untuk kesehatan. Kabarnya di dalam tanaman herbal ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Untuk lebih jelasnya seputar manfaat dan kegunaan jahe merah, silakan baca penjelasannya di bawah ini.

Read More

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe merah adalah tanaman herbal yang bentuknya kecil (lebih kecil dari jahe biasa) dan warnanya merah. Warna merah ini didapat dari kandungan antosianin yang terdapat pada bagian kulit jahe.

Jahe merah mengandung bahan alami seperti gingerol, agen antibakteri, agen peradangan, dan flavonoid. Jahe merah bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis penyakit seperti:

Khasiat Jahe Merah

1. Membantu Mengatasi Masalah pada Pencernaan

Jahe merah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Ini karena didalamnya mengandung ekstrak minyak jahe yang berfungsi melindungi dari kuman dan bakteri.

Di dalam tanaman ini juga terkandung agen antibakteri seperti Escherichia Coli, Staphylococcus aureus dan Salmonella enteritidis. Ketiga kandungan inilah yang nantinya akan memerangi bakteri dan kuman di dalam perut.

2. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jahe merah merah untuk pria adalah dapat meningkatkan kesuburan pria. Klaim ini didukung dengan adanya kandungan minyak atsiri yang berguna untuk mengatasi permasalah pada sistem reproduksi pria.

Tak hanya itu, jahe merah juga mengandung bahan antioksidan yang diklaim dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Jika kualitas hormon testosteron baik maka tingkat kesuburan pria juga akan meningkat.

3. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Selain untuk kesuburan pria, jahe merah rupanya juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini berdasarkan pada kandungan gingerol yang mampu menghambat pertumbuhan tumor pada kanker usus.

Anti-inflamasi pada jahe merah juga diklaim dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker rahim. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan jahe merah, sel-sel kanker (dalam rahim) dapat dicegah perkembangannya.

Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah peneltian yang dipublikasikan pada Cancer Prevention Research.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Nyeri Otot

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah terbukti ampuh mengatasi peradangan, nyeri sendi dan gejala nyeri otot. Bahkan untuk Anda penderita rematik juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan jahe merah.

Anda dapat menambahkan bahan lain seperti kumis kucing, daun komfrey, cabe jawa dan temulawak. Semua bahan tersebut kemudian direbus lalu diambil airnya dan diminum secara rutin.

5. Meredakan Sakit Kepala

Jika Anda sering mengeluh sakit kepala, tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi jahe merah. Anda dapat membuatnya sebagai minuman jahe merah dengan mengiris tipis jahe merah lalu diseduh dengan air panas.

Tak hanya untuk meredakan sakit kepala, jahe merah juga sangat efektif untuk meredakan batuk. Jahe merah untuk obat batuk ini biasanya dibuat dalam bentuk teh jahe dan diminum saat batuk.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Meskipun banyak mengandung manfaat, namun mengkonsumsi jahe merah juga tidak boleh berlebihan. Karena jika berlebihan efek samping jahe merah dapat mengakibatkan diare, tekanan darah rendah, iritasi mulut dan pendarahan.

Oleh sebab itu, perhatikan takaran konsumsi jahe merah dan usahakan untuk tidak berlebihan. Sehingga manfaat jahe merah untuk kesehatan dapat benar-benar Anda rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *