5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  • Whatsapp
Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia sangat banyak sekali. Manfaatnya tidak hanya terbatas pada untuk menghangatkan tubuh saja.

Khasiat jahe yang lain diantaranya mencegah kanker, mengatasi masalah pencernaan, meredakan pusing, meredakan nyeri sendi, hingga membantu menurunkan berat badan.

Read More

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini pembahasan lengkapnya..

1. Mencegah Kanker

Jahe Mencegah Kanker

Jahe memiliki kandungan Gingerol yang ternyata dapat mencegah kanker. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Minnesota. Mereka melakukan percobaan terhadap tikus. Kelompok tikus yang diberi gingerol, hanya 4 tikus yang terkena tumor usus besar.

Sementara itu, pada kelompok tikus yang tidak diberi gingerol, jumlah tikus yang terkena tumor usus besar adalah 3 kali lipatnya, yaitu 13 tikus.

Setelah 49 hari penelitian, tikus yang tidak diberi gingerol ukuran tumornya dua kali lipat daripada tikus yang diberi gingerol.

Ini menunjukan bahwa kandungan gingerol pada jahe dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat Jahe untuk Sakit Perut

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang manfaat jahe untuk masuk angin. Nah, jahe memang nyatanya memiliki banyak sekali khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Konsumsi jahe dapat memperlancar pencernaan. Jahe memiliki kandungan Phenolic yang bermanfaat untuk mencegah iritasi di sistem pencernaan, memperlancar pergerakan makan dalam sistem pencernaan, mencegah kontraksi pada perut, dan merangsang produksi air liur.

Sakit pada perut seperti Kolik dan Dispepsia bisa mereda dengan mengkonsumsi jahe.

3. Meredakan Pusing

Jahe Meredakan Pusing

Manfaat jahe untuk kesehatan yang ketiga adalah meredakan rasa pusing.

Ketika kepala pusing, Anda tidak harus buru-buru minum obat. Anda bisa mengkonsumsi jahe untuk meredakan sakit kepala atau pusing.

Jahe merupakan salah satu obat pusing alami yang cukup ampuh dan telah terbukti khasiatnya. Dalam hal ini, jahe bekerja dengan cara memperlancar aliran darah ke kepala dan otak. Sehingga rasa pusing di kepala dapat berangsur-angsur hilang.

4. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat Jahe untuk Nyeri Sendi

Nyeri sendi memang sangat menganggu dan membuat aktifitas menjadi tidak nyaman. Penyakit sendi seperti Rematik dan Osteoarthritis dapat hilang dengan mengkonsumsi jahe secara rutin.

Jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit, tapi juga mengurangi pembekakan pada area yang sakit.

Pada sakit sendi Osteoarthritis, jahe tidak hanya dikonsumsi melainkan juga bisa dengan cara dipijatkan pada bagian yang sakit.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe untuk Diet

Apakah Anda sedang menjalani diet alami? Jahe ternyata bisa membantu proses diet Anda agar berjalan lancar. Hal ini berdasarkan penelitian dari Institute for Human Nutrition, Columbia University.

Para peneliti disana menemukan bahwa ternyata jahe bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi nafsu makan. Sehingga Anda akan makan lebih sedikit setiap harinya. Tentu ini sangat baik untuk mendukung program diet Anda.

Demikian daftar manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia. Setelah mengetahui khasiat jahe yang luar biasa ini, apakah Anda tertarik untuk rutin mengkonsumsi jahe?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *