5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  • Whatsapp
Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang masih satu keluarga dengan jahe (Zingiberaceae). Tidak heran kedua tanaman ini memiliki bentuk yang mirip. Selain untuk masakan, manfaat kencur untuk kesehatan sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Kencur banyak digunakan sebagai bahan jamu maupu ramuan obat tradisional, yang paling umum adalah untuk obat batuk.

Read More

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kencur bukan hanya untuk obat batuk saja, ada beragam manfaat lainnya. Simak semua manfaatnya di sini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, ginjal, dan penyakit jantung.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kandungan dalam kencur efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Kalium, senyawa bersifat diuretik, dan aktioksidan dalam kencur dapat menurunkan serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, kencur juga bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah nafsu makan bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi kencur.

Salah satu jamu yang telah terbukti bisa menambah nafsu makan adalah jamu beras kencur. Jamu ini sangat umum kita jumpai pada tukang jamu keliling. Rasanya yang tidak pahit membuat siapapun bisa meminumnya.

Kencur memiliki sifat kaminatif yang mampu meningkatkan nafsu makan.

3. Mengobati Batuk

Batuk berdahak memang membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman. Jika Anda mengalami batuk, jangan buru-buru minum obat-obatan kimia. Anda bisa mencoba pengobatan tradisional menggunakan kencur.

Kencur yang dicampur dengan garam telah lama dipercaya dapat meredakan batuk, terutama batuk berdahak.

Meminum ramuan kencur dan garam dapat melegakan tenggorakan dan menyembuhkan batuk berdahak lebih cepat.

4. Meredakan Diare

Berdasarkan sebuah jurnal penelitian, diketahui bahwa ternyata kencur ampuh untuk mengobati diare. Hal ini karena kencur mengandung anti bakteri dan zat sitotoksik dengan jumlah yang cukup banyak.

Hal ini juga semakin diperkuat dengan percobaan pada tikus. Ada dua kelompok tikus yang dibuat diare, kemudian salah satu kelompok diberikan ekstrak kencur sebagai obat.

Hasilnya, kelompok yang diberi kencur mengalami gejala diare yang lebih ringan dan lebih cepat sembuh. Sementara kelompok satunya mengalami diare yang lebih parah dan lama.

5. Menghilangkan Stres

Kencur tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Salah satu manfaat kencur untuk kesehatan mental adalah menghilangkan stress.

Sebuah penelitian di Bangladesh menemukan bahwa kencur (akar, daun, rimpang) memiliki sifat antidepresen. Sifat anti depresen ini memberikan efek menenangkan pada saraf utama dalam tubuh.

Hasilnya, berbagai gejala stres seperti gelisah, cemah, dan depresi bisa hilang dengan mengkonsumsi kencur.

Namun, manfaat ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Manfaat kencur untuk kesehatan tubuh memang sangat beragam. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, bukan tidak mungkin akan semakin banyak manfat kencur yang terungkap.

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi kencur dalam tahap wajar dan jangan berlebihan. Konsumsi yang berlebihan justru akan mengakibatkan efek samping.

Anda bisa mengkonsumsi kencur asli maupun ekstrak kencur yang saat ini banyak tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *