6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

  • Whatsapp
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Puasa telah dilakukan secara berabad-abad oleh umat manusia dari berbagai agama. Namun, umumnya kita mengenal puasa dilakukan oleh umat muslim. Manfaat puasa bagi kesehatan ternyata sangat banyak, tapi manfaat ini bisa Anda dapatkan jika mengerjakan puasa dengan benar.

Ketika puasa, tubuh kita akan berhenti makan dan minum untuk beberapa waktu. Di Indonesia umumnya puasa berlangsung sekitar 13 jam. Dalam kondisi puasa, tubuh akan menggunakan simpanan gula dan lemak sebagai sumber energi. Hasilnya tentu akan membantu menurunkan berat badan secara alami.

Read More

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik

Selain itu, inilah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental.

1. Membuat Jantung Lebih Sehat

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik

Selain menjaga pola makan dan olahraga, puasa juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang berpuasa sebulan sekali memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung sebesar 58% dibanding mereka yang tidak berpuasa.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa puasa dapat mencegah terjadi resistensi insulin yang merupakan pemicu diabetes. Seperti kita ketahui, diabetes, kolesterol, dan tekanan darah merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung.

2. Membuang Racun dalam Tubuh

Tidak adanya asupan makanan saat berpuasa akan membuat tubuh fokus untuk melakukan pembuangan racun. Tubuh akan mengubah lemak menjadi energi sekaligus menghancurkan racun-racun berbahaya yang terdapat dalam lemak tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Puasa Meningkatkan Kemampuan Otak

Puasa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Beberapa penelitian menunjukan puasa sangat berpengaruh pada kesehatan otak.

Para ahli mengatakan bahwa puasa akan merangsang pelepasan brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi sel-sel otak lebih banyak.

Manfaatnya tentu saja kinerja otak akan lebih meningkat. Hasilnya kita tidak akan mudah terkena penyakit Alzheimer dan Pikun/Demensia.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, puasa juga bermanfaat untuk kesehatan mental atau jiwa.

1. Membuat Suasana Hati Lebih Bahagia

Puasa akan memicu produksi hormon Endorfin yang lebih banyak dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk menghadirkan perasaan senang dan bahagia. Dengan semakin banyaknya hormon Endorfin dalam tubuh, maka Anda akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Efek ini akan Anda rasakan setelah 3-4 hari berpuasa.

2. Memupuk Rasa Simpati dalam Diri

Rasa Simpati dalam Diri

Selama berpuasa, umat muslim sangat dianjurkan untuk lebih dermawan dan berbagi kepada sesama. Apalagi Anda juga merasakan bagaimana rasanya lapar dan haus. Dengan begitu, kita akan bisa merasakan bagaimana perasaan saudara-saudara kita yang kekurangan.

Ini bisa menjadi cara untuk memupuk simpati dalam diri. Berbagi kepada orang lain juga akan membuat Anda merasa jauh lebih bahagia.

3. Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Ketika berpuasa, kita harus menahan diri dari berbagai kebiasaan buru yang bisa merusak puasa. Beberapa kebiasaan seperti berbohong, bergunjing, merokok, dan lain-lain akan berhenti kita lakukan.

Kita jadi lebih mampu mengontrol hawa nafsu dan menghindari kebiasaan buruk.

Itulah daftar manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental. Puasa yang benar bisa membuat kita lebih sehat secara fisik dan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *