5 Jenis Olahraga Kardio di Rumah yang Mudah

  • Whatsapp
Jenis Olahraga Kardio

Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan jantung dan paru-paru. Namun, manfaatnya bukan hanya itu, ada banyak manfaat lainnya seperti menurunkan berat badan, menghilangkan stres, menurunkan kolesterol, dan lain-lain.

Jika Anda tidak suka lari atau olahraga di luar rumah, Anda bisa mencoba melakukan olahraga kardio di rumah. Ada berbagai pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan tanpa perlu keluar rumah. Apa saja?

Olahraga Kardio di Rumah

Berikut ini beberapa rekomendasi olahraga aerobik atau kardio yang bisa dilakukan di rumah.

1. Lompat Tali

Lompat tali bisa dilakukan di mana saja, di halaman, kamar, ruang tamu, dan lain-lain. Meski terlihat sepele, olahraga satu ini sangat ampuh untuk membakar kalori.

Dengan melakukan olahraga ini selama 15-20 menit, Anda bisa membakar hingga 220 kalori.

Lakukan olahraga ini secara rutin dan cobalah untuk meningkatkan lama waktunya. Ini merupakan salah satu pilihan olahraga kardio yang murah dan mudah.

Jenis Olahraga Kardio

2. Naik Turun Tangga

Bagi Anda yang memiliki rumah tingkat atau lebih dari satu lantai, Anda bisa memanfaatkan tangga di rumah untuk melakukan olahraga.

Metode kardio dengan cara naik turun tangga ini efektif untuk meningkatkan denyut jantung dan aliran darah menjadi lebih cepat.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah kaki dan paha bisa menjadi lebih kencang. Hal ini karena ketika naik turun tangga, otot kakilah yang bekerja paling keras.

Ketika naik turun tangga, hindari berpegangan pada pagar tangga, hal ini supaya efek latihan kardio ini lebih terasa.

3. Zumba

Buat ibu-ibu yang mencari olahraga kardio yang menyenangkan, Zumba bisa menjadi pilihan yang tepat.

Zumba tidak harus dilakukan beramai-ramai, Anda bisa melakukan olahraga ini sendirian di rumah. Untuk gerakannya, Anda bisa mencari video di Youtube.

Olahraga Zumba biasanya berlangsung sekitar 30-60 menit. Dalam waktu tersebut, Anda akan dapat membakar hingga 400 kalori. Tidak heran, Zumba merupakan salah satu olahraga untuk diet yang paling direkomendasikan.

Jika Anda tidak kuat langsung melakukan Zumba selama lebih dari 30 menit, mulailah dengan bertahap. Misal, seminggu pertama 10 menit, minggu kedua 15 menit, dan seterusnya.

4. Jogging di Tempat

Simple dan mudah adalah ciri khas dari latihan kardio yang satu ini. Anda cukup berdiri di tempat, buka kaki selebar bahu. Kemudian, angkat dan turunkan kaki seperti Anda sedang berlari.

Cobalah untuk melakukan gerakan ini selama 60 detik. Lihat apakah Anda menjadi ngos-ngosan atau tidak. Jika iya, berarti latihan aerobik ini berhasil.

Jika ingin hasil lebih maksimal, sebaiknya coba lakukan lari pagi.

5. Burpess

Burpees merupakan gerakan olahraga gabungan dari melompat, push up, dan squat jump. Olahraga ini sangat ampuh untuk meningkatkan denyut jantung dan aliran darah dalam tubuh.

Anda bisa mencoba melakukan gerakan Burpees 10 kali dan rasakan efeknya di tubuh Anda.

Itu dia beberapa jenis olahraga kardio di rumah yang mudah untuk dilakukan. Untuk Anda yang memiliki masalah lutut, sebaiknya jangan mencoba olahraga naik turun tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *