Pengertian, Cara dan Contoh Peraturan Perusahaan

  • Whatsapp
Peraturan-Perusahaan

Peraturan perusahaan sangat penting baik untuk pengusaha maupun karyawan. Di dalam Undang Undang disebutkan mengenai Peraturan tersebut yaitu pada UU No. 13 tahun 2003 mengenai ketenagakerjaan. Di dalamnya dijelaskan jika pengusaha yang memiliki lebih dari 10 pegawai maka wajib membuat Peraturan tersebut. Untuk informasi lengkap, simak ulasan berikut.

Pengertian Singkat Peraturan Perusahaan

Read More

Apa itu Peraturan Perusahaan? Peraturan tersebut merupakan sebuah peraturan tertulis yang dibuat oleh perusahaan yang didalamnya memuat syarat kerja serta tata tertib perusahaan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha atau memiliki minat di dalam bidang tersebut harus tahu mengenai bagaimana cara membuat dan apa fungsinya.

Peraturan tersebut sangatlah berguna untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, mengurangi konflik antara karyawan dengan perusahaan sehingga jika ada pelanggaran maka peraturan ini bisa menjadi landasan untuk memberikan sanksi. Peraturan yang sudah dibuat wajib untuk ditaati oleh pegawai agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Perusahaan bertanggung jawab dalam membuat peraturan ini, akan tetapi tetap harus mempertimbangkan saran dan masukan dari karyawan. Adanya saran tersebut diharapkan dapat memberi kemudahan untuk karyawan dan perusahaan sehingga hubungan kerja berjalan dengan baik.

Cara Membuat Peraturan Perusahaan

Lalu bagaimana cara membuat peraturan perusahaan? Jika Anda akan membuat peraturan perusahaan maka Anda wajib untuk berpedoman pada Undang Undang Ketenagakerjaan dan tidak boleh bertentangan dari Undang Undang tersebut, selain itu Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan karyawan.

Seperti dalam Pasal 111 Ayat 1 UU ketenagakerjaan, peraturan perusahaan paling tidak harus memiliki pokok isi seperti hak dan kewajiban pengusaha, syarat kerja, jangka waktu peraturan/ kapan peraturan perusahaan kadaluarsa, hak dan kewajiban karyawan/ pegawai dan tata tertib perusahaan.

Selanjutnya Anda juga bisa menambahkan konsekuensi untuk setiap orang yang melanggar peraturan tersebut. Konsekuensi akan memberikan dorongan pada semua pegawai agar sebisa mungkin tidak melanggar peraturan yang telah dibuat. Anda perlu membuat konsekuensi dengan seksama agar pegawai tidak melanggar dan tidak memicu konflik.

Dalam membuat peraturan Anda bisa membuat tim khusus yang paham atau memiliki pengalaman dalam membuat peraturan perusahaan agar peraturan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tidak menyalahi hukum. Jika Anda masih ragu, Anda bisa melihat contoh peraturan perusahaan cv/ pt di bawah ini.

Contoh Peraturan Perusahaan

Anda tidak perlu bingung dalam membuat peraturan perusahaan karena Anda bebas menetapkan peraturan asal tidak bertentangan dengan hukum dan Undang Undang. Anda bisa membuat isi peraturan misalnya mengenai jam kerja, kegiatan lembur, tata tertib, ketentuan pakaian kerja, larangan yang harus dihindari pekerja, kewajiban pekerja, hingga masalah skorsing.

Anda bisa memasukkan hal hal di atas dalam peraturan perusahaan, tulislah peraturan dengan jelas agar peraturan dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Anda bisa berunding dengan serikat pekerja dalam perusahaan Anda atau memilih perwakilan untuk ikut serta dalam proses pembuatan agar peraturan yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan pekerja.

Contoh peraturan perusahaan singkat misalnya lama cuti karyawan, upah pekerja, tunjangan atau asuransi pekerja, pakaian yang digunakan saat meeting dengan klien, dress code, etika yang harus dijaga pekerja. Contoh mengenai kewajiban pekerja misal, disiplin dalam mentaati jam kerja, melakukan check in dan check out, bekerja dengan disiplin, semangat dan masih banyak lagi.

Walaupun peraturan tidak menjamin jika pekerja pasti akan menaati peraturan, namun dengan adanya peraturan perusahaan maka kegiatan operasional akan berjalan lebih baik dan mengurangi adanya konflik antara perusahaan dan pekerja. Buatlah peraturan dengan bijak dan perhatikan kebutuhan perusahaan agar peraturan dapat dilaksanakan dan kegiatan kerja berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *