4 Faktor Penyebab Diabetes Melitus yang Paling Utama

  • Whatsapp
Penyebab Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan sebuah gangguan kesehatan yang membuat naiknya kadar gula dalam darah. Penyebab diabetes melitus biasanya bisa dari beragam faktor baik dari gaya hidup atau keturunan.

Untuk lebih jelasnya seputar penyebab diabetes melitus silakan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Read More

Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Kencing manis atau diabetes melitus biasa ditandai dengan sering haus, mudah lapar dan sering buang air kecil. Tak hanya itu, orang dengan gejala diabetes melitus juga mengalami penurunan berat badan, mudah lelah, pandangan kabur hingga luka yang tidak mudah sembuh.

Untuk penyebab diabetes sendiri bisa dari berbagai macam faktor tergantung pada kondisi kesehatan penderita dan tipe penyakitnya. Umumnya, ciri diabetes melitus disebabkan oleh:

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

1. Faktor Keturunan

Karena faktor genetik orang bisa saja dapat menderita tekanan gula darah tinggi atau diabetes. Terlebih jika kedua orang tua sama-sama memiliki penyakit diabetes, maka ini akan menurun ke anak dengan persentase 50%.

Selain karena keturunan, diabetes melitus juga dapat disebabkan oleh faktor usia yang sudah lanjut. Karena semakin bertambahnya usia fungsi dari organ tubuh akan mengalami penurunan.

Dengan keadaan ini maka  akan sangat wajar jika orang di atas usia 45 tahun akan sering mengalami gangguan kesehatan. Tak hanya diabetes, namun juga penyakit lain seperti gagal ginjal, jantung, stroke dan sebagainya.

2. Autoimun

Di masa sekarang ini diabetes yang hanya menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Bahkan anak-anak pun juga dapat berpotensi terserang penyakit diabetes namun tipe 1.

Diabetes tipe 1 ini umumnya menyerang anak di usia muda yang diakibatkan oleh tidak mampunya tubuh memproduksi hormon insulin. Penyebab diabetes tipe 1 ini biasanya disebabkan oleh autoimun.

Penyakit autoimun ini kemudian yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel pankreas. Sehingga jika berkelanjutan pankreas tidak bisa lagi memproduksi insulin.

3. Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Diabetes melitus rupanya juga dapat disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu yang sifatnya kronis. Penyakit tersebut diantaranya radang pankreas, sindrom polikistik, glucagonoma (hormon insulin yang tidak terpenuhi) dan  sindrom cushing (produksi hormon kortisol meningkat).

4. Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan faktor keturunan dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Kondisi ini ditandai dengan sel-sel dalam tubuh yang kebal dengan insulin.

Akibatnya tubuh tak mampu lagi menyerap gula menjadi energi sehingga kadar gula akan semakin naik.  Untuk orang dengan resistensi insulin biasanya akan mengalami penyakit diabetes tipe 2.

Selain karena beberapa penyebab di atas, diabetes melitus juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab diabetes melitus umumnya karena Anda kurang olahraga dan banyak konsumsi makanan manis dan garam.

Selain itu, bisa juga karena obesitas, konsumsi obat-obatan, dehidrasi, pola makan rendah gluten hingga penggunaan obat kumur.

Baca juga: Penyebab Diabetes Insipidus, Gejala dan Pengobatannya

Dan jika Anda telah mengetahui apa penyebab diabetes melitus agaknya ayo lebih berhati-hati dari sekarang. Jangan lupa untuk tetap jaga pola makan dan lakukan cek up sedini mungkin untuk mengantisipasi hal-hal buruk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *