Ketahui Detail Prosedur Perizinan Usaha di Indonesia

  • Whatsapp
Prosedur Perizinan Usaha

Menambah sumber penghasilan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menjadi pengusaha baik itu perseorangan ataupun dalam bentuk badan usaha.

Jika pilihan bisnis yang akan dirintis sudah ada dengan modal yang juga sudah memadai. Langkah selanjutnya anda perlu yang namanya perizinan usaha. Bagaimana prosedur perizinan usaha ?. Cari tau jawabannya pada ulasan berikut.

Read More

Prosedur Perizinan Usaha

Untuk membuat surat izin usaha, anda bisa mendatangi Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu atau dapat pula di Kantor Dinas Perdagangan di tempat anda. Setelah itu anda tinggal mengikuti prosedur selengkapnya sebagai berikut.

1. Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sebelum mendaftarkan usaha anda, ada beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan, diantaranya:

  1. Fotokopi KTP pemilik atau pemegang saham perusahaan
  2. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dari Pemda setempat yang bisa anda urus terlebih dahulu di kantor lurah dan camat di daerah anda.
  3. Surat keterangan domisili
  4. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Neraca Perusahaan
  6. Foto pemilik usaha berukuran 4 x 6 cm.
  7. Materai Rp. 6.000
  8. Jika usaha anda berbentuk Perseroan Terbatas (PT) perlu tambahan dokumen yaitu Akta Pendirian PT, fotokopi SK Pengesahan Badan Hukum, Surat Izin Prinsip, dan Surat Izin Gangguan (HO)

2. Mengisi Formulir

Dokumen persyaratan administrasi yang sudah anda siapkan dibawa pada saat anda akan mengurus perizinan di Kantor yang sudah disebutkan di atas. Petugas kemudian akan melayani dan memberi anda formulir.

Formulir permohonan izin usaha perlu anda isi dengan jelas dan benar terkait usaha baru anda. Formulir ini bisa diisi langsung oleh anda sebagai penanggung jawab usaha.

Atau dapat pula diwakili oleh orang terpercaya yang telah diberi surat kuasa yang telah ditandatangani kedua belah pihak disertai materai. Setelah formulir selesai diisi dan ditandatangani kemudian difotokopi sebanyak yang anda butuhkan.

3. Melakukan Pembayaran

Dokumen yang telah lengkap kemudian diserahkan pada petugas atau staf kantor yang melayani anda. Biaya pengurusan izin usaha disesuaikan dengan jenis/bentuk usaha serta sesuai dengan biaya yang ditetapkan Peraturan Daerah setempat.

4. Mengambil Surat Izin Usaha

Proses yang dimulai dari pengajuan permohonan hingga surat izin usaha keluar membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu. Anda tinggal menunggu petugas dari kantor menghubungi ketika surat izin anda telah jadi.

 

Manfaat dari Surat Izin Usaha

Manfaat apa yang bisa diperoleh setelah memiliki surat izin usaha?. Pertanyaan ini sering dilontarkan para calon usahawan yang tidak ingin repot-repot mengurus surat izin usaha.

Jika anda telah memiliki surat izin usaha, usaha anda otomatis memiliki kekuatan hukum yang menandakan usaha anda legal dan diakui pemerintah. Selain itu, melindungi anda dari pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya usaha anda.

Memegang surat izin usaha akan meningkatkan kredibilitas usaha anda di mata calon konsumen. Calon mitra usaha juga umumnya mengutamakan ada tidaknya surat izin usaha sebagai pertimbangan saat ingin menjalin kerjasama.

Surat izin usaha dapat dijadikan syarat peminjaman modal di bank jika sewaktu-waktu usaha anda mengalami masalah finansial. Jika anda ingin merambah hingga pasar internasional, surat izin usaha sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi ekspor-impor.

Lelang ataupun tender pada suatu proyek bisa anda ikuti jika memiliki kepastian legalitas usaha yang dibuktikan dengan adanya surat izin usaha.

Sekarang anda sudah tau pentingnya untuk memiliki surat izin usaha sekaligus prosedur perizinan usaha di Indonesia. Jadikan usaha rintisan anda punya pegangan hukum yang baik untuk melindungi dan memajukan usaha anda kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *