6 Unsur Dalam Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Unsur Dalam Makanan Sehat

Pernahkah Anda memikirkan apa saja unsur dalam makanan sehat yang diperlukan untuk tubuh? Meskipun kurang familiar, pengetahuan seputar unsur makanan ini sangat perlu Anda ketahui.

Karena hal tersebut sangat berhubungan dengan jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari. Mengetahui seputar unsur makanan sehat, juga akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan apa saja yang baik dan tidak baik untuk kita makan. 

Unsur Dalam Makanan Sehat

Dalam susunan makanan yang sehat terdapat tiga unsur utama dan 3 unsur tambahan yaitu:               

1. Karbohidrat 

Karbohidrat adalah nutrisi yang utama dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Fungsi karbohidrat untuk tubuh adalah sebagai sumber energi serta disimpan di dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen. 

Karbohidrat juga mempunyai fungsi lain yaitu untuk melindungi protein supaya tidak dibakar untuk sumber energi dan memberikan efek kenyang. 

Dengan beragam fungsi dari karbohidrat maka Anda sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhannya meski juga tidak boleh berlebihan. 

Kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda-beda tergantung pada risiko dan faktor usia. 

Untuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat umumnya ada pada kacang-kacangan, nasi, umbi-umbian , jagung atau biji-bijian.

Unsur Makanan Sehat

2. Protein

Unsur dalam makanan sehat yang kedua adalah protein yang mana ia merupakan salah satu zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh. 

Fungsi dari protein ini sendiri adalah untuk mengganti dan memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak. 

Selain itu, protein juga sangat dibutuhkan untuk Anda pria dewasa yang ingin membentuk tubuh ideal. 

Untuk Anda yang sedang menjalankan program fitnes, banyak mengkonsumsi makanan berprotein sangat dianjurkan. 

Untuk jenis makanan berprotein ada beberapa macam seperti daging, telur, ikan, tahu, tempe dan juga telur.  

3. Lemak 

Terakhir ada lemak. Sama kedua unsur dalam makanan sehat yang sebelumya, lemak juga sangat dibutuhkan bagi tubuh sebagai sumber panas serta cadangan makanan. 

Lemak dibedakan menjadi tiga jenis yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh dan lemak trans. 

Lemak jenuh biasa terdapat pada mentega, daging kambing, daging sapi, sosis dan produk olahan daging lainnya. 

Selain pada produk hewani, lemak jenuh juga dapat Anda dapatkan pada cocoa butter, minyak tropis dan juga minyak kelapa. 

Untuk lemak tak jenuh bisa didapat dari berbagai jenis kacang-kacangan, buah alpukat, minyak wijen, minyak zaitun, ikan tuna dan ikan teri. 

Jenis lemak ini diklaim sebagai lemak yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan dikenal sebagai lemak sehat.  

Sedangkan untuk lemak trans merupakan salah satu lemak yang terbuat dari proses hidrogenasi oleh lemak tak jenuh. 

Lemak trans ini dapat Anda temukan pada berbagai jenis makanan olahan, makanan ringan, kue, margarin, saus salad dan saus margarin. 

Lemak bisa dikategorikan baik jika Anda tidak mengkonsumsinya tidak berlebihan dan akan menjadi buruk apabila kadar konsumsinya berlebihan. 

Orang dengan banyak konsumsi makanan berlemak biasanya akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Untuk jenis masalah kesehatannya bisa berupa obesitas, jantung, diabetes, hipertensi dan sebagainya. 

Selain 3 unsur di atas, unsur lain yang ada pada makanan sehat juga bisa berupa:

4. Vitamin

Ada banyak sekali jenis Vitamin dengan fungsi yang berbeda-beda. Tubuh memerlukan vitamin untuk menjaga anggota tubuh agar selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

5. Mineral

Mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan konsumsi mineral yang cukup, kesehatan tulang, gigi, sistem darah, dan kekebalan tubuh akan meningkat.

6. Air

Air merupakan salah satu komponen utama dalam tubuh manusia. 50-70% tubuh manusia terdiri dari air.

Kekurangan konsumsi air akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, mudah lelah, dan susah berkonsentrasi. Jadi, pastikan setiap makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan air yang cukup.

Semua itu, harus selalu ada dan dipenuhi untuk menjaga kestabilan gizi agar tubuh tetap sehat. 

Selain memenuhi unsur dalam makanan sehat, Anda juga harus melengkapi dengan rutin berolahraga serta mengusahakan untuk mengatur pola hidup sehat. Bagi yang muslim, bisa mengikuti cara hidup sehat ala Rasulullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *