Usaha Unik di Desa, Modal Kecil Untung Besar

  • Whatsapp
Usaha Unik Di Desa

Masih sedikit sekali yang berinisiatif untuk membuka usaha unik di desa. Padahal jika dilihat dan diperhatikan prospek usaha unik di desa sangatlah menjanjikan. Dengan lingkungan yang masih terasa segar serta lahan luas, usaha macam apapun dapat didirikan. Tentunya usaha yang dirintis harus dilakukan survei terlebih dahulu. Apakah telah ada usaha yang serupa atau tidak.

Jika pun ada, harus dapat menganalisis bagaimana kekurangan dan kelebihannya. Serta dapat menentukan bagaimana proses pemasaran dan strategi yang digunakan agar dapat bersaing dengan sehat. Usaha unik di desa tidak harus dimulai dengan modal yang besar. Bahkan dengan modal minim pun, usaha tersebut dapat dirintis.

Read More

5 Rekomendasi Usaha Unik di Desa,Modal Kecil Untung Besar

Usaha Unik Di Desa

Ingin memulai usaha di desa, tapi bingung usaha seperti apa yang bisa memberikan keuntungan maksimal. Pada dasarnya usaha macam apapun bisa menguntungkan, walau terkesan sepele. Kuncinya adalah tidak menyerah dalam promosi serta bekerja keras. Agar tidak bingung, di bawah ini akan diberikan gambaran usaha unik yang dapat dicoba;

1. Budidaya Unik

Budidaya berbagai jenis ikan di desa adalah hal yang biasa. Agar terlihat unik, bagaimana jika mencoba budidaya yang unik. Maksudnya adalah dengan melakukan budidaya hewan yang tidak familiar untuk dibudidayakan. Misalnya saja jangrik, kroto dan yang lainnya.

Biasanya, meskipun orang desa, banyak yang merasa jijik atau tidak suka melakukan budidaya hewan tersebut. Oleh sebab itu, budidaya ini bisa dikategorikan sebagai usaha unik di desa yang patut dicoba.

2. Merintis Desa Wisata

Menggeliatnya ekonomi rakyat berdampak pula dengan kemajuan banyak desa. Hal ini disebabkan banyak usaha yang bangkit atau usaha baru yang tercipta. Salah satu contohnya adalah usaha desa wisata.

Usaha unik di desa ini mulai berkembang dan dijadikan mata pencaharian bagi penduduk desa. Desa yang kemudian menjadi destinasi wisata akan memberikan sumbangan ekonomi, tidak hanya untuk pemerintah. Namun, juga bagi para warga desa. Usaha ini bisa dikelola bersama-sama.

3. Membuka Usaha Angkringan

Di perkotaan  usaha semacam ini sepertinya bukan hal yang unik dan aneh. Akan tetapi, berbeda dengan di pedesaan. Usaha unik di desa ini akan dianggap unik karena belum familiar. Usaha angkringan akan memberikan keuntungan yang besar apabila target marketnya tepat.

Para anak muda adalah sasaran target yang wajib dibidik. Untuk menarik minat para anak muda, sebaiknya usaha angkringan disertai pula dengan wifie. Ide adanya layar tancap juga sangat menarik, karena dapat digunakan untuk menonton beramai-ramai acara kesukaan.

4. Menjual Minuman Kekinian

Di kota besar, jenis minuman ini mungkin telah menjamur dimana-mana. Akan tetapi, jika usaha ini dibuka di desa akan sangat menjanjikan. Sebab masih sedikit yang berani terjun dalam bisnis minuman kekinian.

Potensinya yang bagus dapat mejadi peluang bisnis bagi warga desa berkembang. Beberapa jenis minuman kekinian yang dapat dicoba sebagai lahan bisnis adalah Cappucino Cincau, Mango Tai hingga Tai Tea. Modal yang dibutuhkan biasanya tidak terlalu besar, sedangkan keuntungan yang didapat bisa berlipat dari modal yang dikeluarkan.

Misalnya gambaran analisa minuman cappucino cincau sebagai berikut;

Modal awal untuk membeli perlengkapan franchise adalah 5 juta karena mengambil paket yang paling murah. Perlengkapan yang diperoleh adalah gelas, sendok, banner, susu coklat, susu bubuk dan lainnya.

Jika per gelas dihargai Rp. 5.000, sedangkan dalam sehari bisa menjual 50 gelas, maka dalam satu bulan pendapatan yang diperoleh adalah 7,5 juta. Dalam satu bulan saja sudah tampak keuntungannya serta bisa balik modal. Cukup menggiurkan bukan?

5. Membuka Usaha Makanan Ringan Unik

Makanan unik bisa jadi peluang usaha unik di desa yang sangat menjanjikan. Biasanya orang desa akan antusias terhadap sesuatu yang baru dan tidak biasa. Untuk memulai usaha ini harus dilakukan riset terlebih dahulu. Contoh makanan unik yang dapat dicoba antara lain adalah bakso goreng, sosis telur, keripik kulit ayam hingga keripik kulit buah naga.

Memulai usaha makanan unik ini terbilang mudah karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Bisa memanfaatkan teras rumah atau bahkan bisa dijual secara online. Cara yang ini akan lebih efisien dan praktis karena modal yang dibutuhkan akan semakin minim.Adapun keuntungan dari usaha ini cukup menggiurkan.

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Sedikit Pesaing dan Beromset Besar

Misalnya saja jika ingin membuka usaha bakso goreng, modal yang disediakan adalah 4 juta. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan dan bahan untuk satu bulan adalah 2,5 juta. Apabila dalam sehari bisa menjual 40 porsi bakso goreng dengan per porsi Rp. 5.000, maka pendapatan selama satu bulan adalah 6 juta. Keuntungan yang diperoleh adalah 3,5 juta.

Demikianlah beberapa usaha unik di desa yang dapat dicoba walau dengan modal yang minim.  Anda harus bisa membuktikan bahwa memulai bisnis tidak harus dilakukan di kota. Dengan memanfaatkan berbagai kelebihan yang ada di desa, bisnis yang dibuka juga bisa berkembang dengan cepat. Kuncinya tidak mau menyerah, mau belajar dan berusaha. Pasti bisnis apapun akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *